Kuliner di pulau pari, oseng-oseng Landak laut

Bagi anda pencinta kuliner Indonesia, belum pas rasanya kalau belum nyoba yang satu ini, oseng-oseng landak laut.

Landak laut yang bagi sebagian orang dianggap sebagai binatang yang tidak berguna, ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak, antara lain sebagai nutriti tubuh yang kaya akan protein dan lemak. Malah ada sebagian yang mempercayai telur bulu babi/ landak laut ini dapat menambah vitalitas dan stamina pria dewasa.

Di Pulau Pari, landak laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan bulu babi ini dibudidayakan. Seorang penggagas mengajarkan kepada masyarakat Pulau Pari bahwa landak laut bisa dibudidayakan bahkan bernilai ekonomis yang sangat tinggi. 

Yang dikonsumsi dari landak laut ini adalah telurnya atau disebut juga dengan gonad. Telur Landak laut merupakan salah satu makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dan mempunyai kandungan asam amino cukup lengkap, sebagai pemacu pertumbuhan dan kesehatan manusia.

landak laut-gonad

Masyarakat Jepang, Korea, Amerika, Eropa dan China merupakan konsumen komoditi hewan laut itu dan Jepang merupakan yang terbesar di dunia. Tingkat konsumsi Telur Landak laut di negara-negara tersebut jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Indonesia.

Orang Jepang sering kali mengonsumsi Telur Bulu Babi dalam keadaan segar yang biasa disajikan sebagai sushi, hidangan khas masyarakat Jepang. Dan jenis makanan tersebut termasuk makanan yang relatif maha .Bila kita masuk ke warung-warung sushi, produk Landak laut berupa telur, yang dikenal dengan nama “uni” dan harganya sangat mahal. Untuk satu kilogram uni di Jepang harganya berkisar antara 50 sampai $ 500 US, tergantung warna dan teksturnya.
 

Agar dapat  disantap, landak laut dikepras dahulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut – namun lebih tepatnya disebut GONAD (telur) – kemudian dicongkel. Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng, namun akan lebih terasa nikmat apabila ditumis pedas manis khas daerah pantai Ngobaran – Yogyakarta.  Daging/gonad landak laut cukup kenyal dan lezat, rasanya sangat mirip dengan KERANG.  Bila Anda suka makan kerang, tak ada salahnya Anda mencoba daging/gonad dari Landak Laut, karena tekstur dan rasanya TAK BERBEDA ! bahkan lebih lezat dan lebih bergizi dari daging kerang. 

tumis-kering-landak-laut